Bandung (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, menyatakan ia dan isterinya Michelle, menyampaikan selamat kepada kaum Muslim yang menunaikan ibadah haji tahun ini serta kepada warga Muslim di Amerika dan seluruh dunia yang merayakan hari raya Idul Adha. Seperti disampaikan dalam siaran pers Kedubes AS di Jakarta, Rabu, Obama mengatakan bahwa ibadah Haji dan Idul Adhamengingatkan semua pihak pada kesamaan asal muasal tiga agama utama dunia yang berakar pada Nabi Ibrahim.

Dalam Ibadah Haji, yang merupakan ritual pertemuan terbesar di dunia, tiga juta warga Muslim dari berbagai kalangan - termasuk ribuan Muslim Amerika - berdoa di Gunung Arafah. Hari berikutnya, warga Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha dan berbagi makanan kepada kaum duafa untuk merayakan ketulusan Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya sebagai wujud kepatuhan kepada Allah.

If you find yourself confused by what you've read to this point, don't despair. Everything should be crystal clear by the time you finish.

Tahun ini, dapat dibanggakan bahwa Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan telah bermitra dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk mencegah dan membatasi penyebaran virus H1N1 selama musim Haji.

Kerjasama untuk memerangi virus H1N1 adalah satu cara untuk melaksanakan komitmen pemerintah Amerika Serikat untuk bermitra di bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama, katanya.

"Atas nama rakyat Amerika, kami ingin menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah Haji - dan Selamat Hari Idul Adha", demikian Obama. (*)