Jakarta (ANTARA News) - Pejabat Sementara Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution enggan berkomentar mengenai penunjukkannya sebagai calon tunggal gubernur BI oleh presiden kepada DPR. "Itu kan masih dengar-dengar kalau sudah jelas nanti silahkan tanya komentar saya," kata Darmin di Jakarta, Rabu.

Darmin juga membantah sudah ipanggil Presiden atas penunjukan ini. "Ngak ada tuh," tambahnya.

Sementara Anggota DPR RI Achsanul Kosasih mengonfirmasukan bahwa DPR sudah mendapat kepastian dari Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi tentang pengajuan Darmin Nasution sebagai calon tunggal gubernur BI.

"Saya sudah dikonfirmasi melalui telepon dan rencananya sore ini (Rabu 2/6) akan dikirim ke DPR," kata Achsanul.

Most of this information comes straight from the indonesia pros. Careful reading to the end virtually guarantees that you'll know what they know.

Dia menjelaskan, setelah surat masuk akan dimajukan ke Bamus (Badan Musyawarah) DPR dan baru Komisi XI mengagendakan "fit and proper test" (uji kelayakan dan kepatutan).

"Mudah-mudahan sebelum reses 18 Juni 2010 Komisi XI sudah dapat menyelenggarakan fit and proper test. Kalau belum bisa ya terpaksa menunggu satu bulan lagi setelah reses," kata Achsanul.

Dia mengungkapkan, Komisi XI sepakat mempercepat proses pemilihan gubernur BI yang sudah satu tahun lebih kosong.

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini yakin mantan dirjen Pajak ini terpilih. "Sebelumnya kan ada dua calon yang kuat Agus Martowardojo dan Darmin Nasution. Saya yakin Darmin akan terpilih," katanya.

J008/R010