Paris (ANTARA News/AFP) - Unggulan utama dan juara berthan Roger Federer memulai kiprahnya untuk meraih gelar Grand Slam ke-17 dengan kemenangan mudah 6-4, 6-1, 6-2 atas Peter Luczak dari Australia di babak pertama Prancis Terbuka , Senin. Kurang dari dua jam kemudian, dengan temperatur di Paris 30 derajat Celsius, unggulan utama putri Serena Williams, yang sedang mengejar gelar uatamanya yang ke-13, juga maju ke babak kedua melalui kemenangan 7-6 (7/2), 6-2 atas Stefanie Voegele dari Swiss.

Federer, yang melengkapi karir Grand Slam dengan menjuarai Roland Garros untuk pertama kalinya di Paris tahun 2009, akan menghadapi Alejandro Falla dari Kolombia untuk masuk ke 32 besar.

Meskipun meraih kmenangan, Federer, yang bermain untuk ke-42 kali secara beruntun di event Grand S1lam, menolak untuk memprediksi pertandingan final kempat di Roland Garros melawan Rafael Nadal.

"Ia dalam kondisi yang baik, tetapi saya hanya mengikuti undian. Final belum terjadi," kata Federer, yang belum meraih gekar di lapangan tnah liat musim ini.

Pemain nomor satu duni itu lebih suka berkonsentrasi pada pertandingan pertamanya di Lapangan Philippe Chatrier.

The more authentic information about indonesia you know, the more likely people are to consider you a indonesia expert. Read on for even more indonesia facts that you can share.

"Pertandingn awal selalu penting, datang kembali sebagai juara bertahan , dan berusaha melakukan awal yang baik," kata Federer.

Sementara itu, Serena, juara tahun 2002, tidak menunjukkan adanya pengaruh dari cedera lutut yang dideritanya tiga bulan lalu, ketika ia melakukan 28 pukulan "winners" dan 10 pukulan As untuk mengalahkan Voegle, peringkat 76 dunia.

Petenis Amerika tersebut, yang meraih gelar Grand Slam ke-12 di Australia terbuka januari lalu, berikutnya akan berhadapan dengan Julia Goerges dri Jerman.

Unggulan ketiga putra, Novak Djokovic, berhasil mengatasi kekalahannya di set kedua untuk mengalahkan Evgeny Korolev dari Kazakhstan 6-1, 3-6, 6-1, 6-3.

Jura Australia terbuka 2008 dan semifinalis Prancis Terbuka dua kali, di babak berikutnya akan berhadpan dengan santiago Giraldo dari Kolombia atau Kei Nishikori dari Jepang.

Para pemain unggulan Stanislas Wawrinka, Marcos Baghdtis, John Isner, dan thomas Berdych juga mlaju ke babak kedua.
(Uu.S005/P003)